Judul Buku :
Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (Teknik Membuat Evaluasi Berbagai
Model Soal)
Penulis :
Sigit Pramono
Jumlah Halaman : 249
halaman
Penerbit :
Diva Press Yogyakarta
Cetakan :
I, November 2014
Nomor ISBN :
978-602-255-259-8
Salah satu kompetensi yang mesti dikuasai oleh guru adalah
kemampuan untuk melakukan evaluasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Guru
mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses evaluasi hasil belajar mengajar
siswa agar perencanaan pendidikan dan proses belajar siswa dapat dipantau
dengan baik.
Kemampuan guru dalam melakukan
evaluasi kegiatan belajar mengajar pun menjadi instrumen penilaian kompetensi guru.
Tidak dikatakan guru yang baik apabila idak mempuanyai kompetensi melakukan
evaluasi kegiatan belajar mengajar. Namun demikian, acapkali masih banyak guru
yang kurang paham makna evaluasi atau bahkan belum mengetahui bagaimana cara
mengevaluasi secara sistematis dan tepat sasaran sehingga tujuan belajar
mengajar menjadi tercapai. Bahkan adakalanya guru masih kebingungan apa saja
yang harus diperhatikan dan dituangkan dalam evaluasi.
Namun kehadiran buku dengan judul
Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (Teknik Membuat Evaluasi Berbagai
Model Soal) ini memberikan solusi yang ampuh bagi para guru maupun calon guru
dalam membuat evaluasi dalam pembelajaran. Buku ini memberikan banyak panduan
yang lengkap, sistematis, dan bahkan amat mudah dimengerti dan
diimplementasikan. Buku ini memuat panduan evaluasi pembelajaran dengan
mengupas berbagai rambu hal ihwal bagaimana cara mengevaluasi siswa, apa saja
instrumen penilaian yang mesti dilakukan oleh guru untuk mengukur keberhasilan
siswa, dan bagaimana teknik-teknik membuat soal yang baik. Juga penjelasan
mengenai plus minus dari setiap model atau sistem evaluasi tersebut. Bahkan
tersedia berbagai macam contoh konkrit evaluasi, sehingga guru akan mendapatkan
gambaran yang gamblang mengenai evaluasi.
Buku yang terdiri dari 11 bab ini
antara lain memuat panduan membuat soal uraian, pilihan ganda, benar-salah,
menjodohkan, instrumen penilaian sikap, serta panduan pembuatan model penilaian
portofolio. Kesemuanya dikupas secara gamblang dan mendetail, bahkan pun telah
menyediakan form panduan praktis dan mendetail dalam mengevaluasi. Hal ini
memudahkan guru untuk tak lagi repot membuat sendiri kerangka dan kisi-kisi dalam
mengevaluasi, melainkan cukup memanfaatkan dan langsung mengimplementasikan
panduan yang telah disediakan dalam buku ini dalam kegiatan belajar mengajarnya,
sehingga menjadi lebih terarah dan tepat tujuan.
Salah satu bab yang cukup menarik
adalah bab Panduan Membuat Instrumen Penilaian Sikap. Dewasa ini, penilaian
sikap oleh guru terhadap murid-muridnya dinilai penting dengan harapan bahwa murid
memperoleh bekal sikap positif yang didapat dari sekolah. Dalam bab ini
menjelaskan bahwa objek sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran
berbagai mata pelajaran antara lain sikap murid terhadap materi pelajaran,
sikap murid terhadap guru, sikap murid terhadap proses pembelajaran, sikap
murid yang berkaitan dengan nilai-nilai atau norma-norma tertentu yang
berhubungan dengan materi pelajaran, serta sikap-sikap lainnya yang dimuat
dalam tujuan pendidikan. Dijelaskan pula dengan gamblang beberapa teknik
penilaian sikap, antara lain melalui observasi perilaku siswa, melalui laporan
pribadi, melalui penggunaan skala sikap, serta melalui pertanyaan langsung.
Untuk skala penilaian sikap pun sudah disediakan tabel yang memuat poin-poin
dalam penilaian sikap, sehingga guru dapat langsung menyalinnya. Juga terdapat
pedoman penskoran, sehingga penilaian sikap yang dilakukan guru menjadi lebih
objektif dan terperinci.
Bahasa yang digunakan penulis
dalam buku ini pun cukup lugas dan mudah dimengerti. Poin-poinnya dibuat
sedemikian sistematis sehingga guru dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan
mudah. Dengan membaca, memahami, dan mempraktekkan isi dari buku ini, sistem
evaluasi bagi guru bukan lagi menjadi pekerjaan berat yang menyita waktu dan
pikiran. Selain itu, tujuan pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa pun
tercapai. ***
Ditulis tahun : 2015
Diterbitkan di Majalah Guru (Kemendikbud)
No comments:
Post a Comment