Resensi Buku : Trik Menjadi Guru Kreatif


Judul Buku               : Trik A-Z Menjadi Guru Kreatif Dirindui dan Dicintai Murid
Penulis                     : Didik Januari, S.Pd.I dan Murtafi’atun, A.Md, S.S
Cetakan                    : I, 2015
Penerbit                    : Indoliterasi, Yogyakarta
ISBN                        : 978-602-1129-40-1
Jumlah Halaman      : iv + 212 halaman

Dewasa ini, menjadi seorang guru tak hanya sekadar berdiri di depan kelas dan menyampaikan ilmu pelajaran yang dikuasai kepada para murid, kemudian menganggap tugas sebagai seorang guru telah  dijalankan. Guru semakin dituntut untuk tak hanya menjadi seorang pengajar, namun harus menjadi seorang pendidik yang menjadi panutan bagi anak-anak didiknya.

Kendati demikian, seorang guru dengan murid-murid yang hidup pada generasi maju dituntut untuk memiliki bekal yang cukup, yakni tak hanya di bidang ilmu pengetahuan yang diampunya, namun juga teknik-teknik mengajar yang kreatif dan tidak konvensional. Guru seharusnya memiliki trik-trik ampuh untuk menguasai kelas dan menarik hati para muridnya. Dengan demikian, sosok guru yang baik dan sukses adalah guru yang tak hanya sukses mentransfer ilmunya pada murid-muridnya, namun juga menjadi idola, panutan, dan figur yang menginspirasi murid-muridnya.

Selama ini, pembelajaran di sekolah yang cenderung monoton membuat para murid tidak bisa menikmatinya. Keadaan demikian menjadi tantangan besar bagi guru untuk selalu kreatif dan inovatif agar senantiasa dicintai murid-muridnya. Guru harus mampu menjadikan pembelajaran di sekolah menjadi lebih menyenangkan dan memberi keleluasaan bagi para murid agar dapat seoptimal mungkin mengaktualisasikan potensinya, tak hanya di ranah kognitif saja. Bagaimanapun, kemampuan masing-masing murid berbeda-beda. Oleh karena itu, guru seyogyanya peka dalam mengenali minat dan bakat para muridnya. Kemampuan murid yang diaktualisasikan dengan seoptimal mungkin akan menjadi pondasi dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, cerdas, inovatif, dan mandiri.

Kendati demikian, menjadi guru kreatif tak semata-mata mudah dicapai, melainkan memerlukan pengalaman, pengamatan, maupun pembelajaran. Buku Trik A-Z Menjadi Guru Kreatif Dirindui dan Dicintai Murid ini dapat menjadi salah satu rujukan maupun wawasan bagi para guru yang ingin menjadi kreatif dan dicintai para muridnya.

Disampaikan dengan gaya bahasa lugas, sangat mudah dimengerti, dan lebih banyak menguraikan langkah-langkah teknis secara praktis, buku ini sangat cocok dibaca oleh semua guru dari berbagai level dan tingkatan. Buku terbitan tahun 2015 ini menggali teknik-teknik dalam kegiatan belajar mengajar, tehnik pendekatan pada para murid, hingga bagaimana cara membangun karakter guru yang berkualitas, dicintai dan dirindui para muridnya. Buku ini ditulis oleh praktisi yang langsung terjun di dunia pendidikan, yakni Didik Januari, S.Pd.I, yang adalah seorang pendidik di Sekolah Dasar di Sragen, Jawa Tengah sejak tahun 2010 hingga sekarang, dan Murtafi’atun, A.Md, S.S., yang berpengalaman sebagai guru Bahasa Jepang maupun tentor lembaga pendidikan sejak tahun 2010 hingga sekarang.


Dalam lembar-lembar yang berjumlah 212 halaman, buku ini terbagi dalam sembilan bab isi, dimana masing-masing bab langsung mengarah pada petunjuk teknis bagi guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar, bahkan hingga bagaimana membangun karakter guru yang berkualitas. Masing-masing bab banyak memberikan poin-poin penting yang diungkap  secara teknis dan mendetail. Bab-bab tersebut antara lain Sikap yang Perlu Dimiliki Guru, Sikap yang Perlu Dihindari Guru, Saat Memulai Pelajaran, Saat mengakhiri Pelajaran, Langkah-Langkah Menjadi Guru Profesional, Cara Mengatasi Siswa Bermasalah, Memahami Karakter Anak, serta Strategi Pembelajaran Efektif. Terdapat pula bab yang menuangkan best practice dari pengalaman langsung, yakni Cerita Dunia Pendidikan. ***


Ditulis tahun : 2015
Diterbitkan di Majalah Guru (Kemendikbud)

No comments:

Post a Comment