Kabupaten Tambrauw, Papua Barat : Bangun SD dengan Helikopter


Kabupaten Tambrauw adalah sebuah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Sorong di Papua Barat. Oleh karena itu, salah satu prioritas bupati adalah infrastruktur dasar. Untuk pendidikan, yang terpenting adalah penyediaan sarana prasarana pendidikan di berbagai pelosok. “Waktu dimekarkan, ada 6 SD. Dalam waktu kurun waktu 5 tahun ini, sekarang menjadi 49 SD. Semua kita bangun berdasarkan kebutuhan,”  kata Drs. Thomas Gewab, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.

Seiring dengan pemekaran kabupaten, terjadi pula pemekaran distrik dan pemekaran kampung. Oleh karena itu daaerah-daerah yang baru dimekarkan tersebut membutuhkan perhatian pemerintah dalam hal pelayanan pendidikan. “Dari 106 kampung sebelumnya, kini menjadi 216 kampung. Tidak semua kampung ada SD nya. Kita perhatikan jumlah penduduknya. Kita bangun sekolah di tempat-tempat yang agak strategis. Kita mulai dengan SD kecil yang terdiri dari 3 kelas. Kalau berkembang, akan kita kembangkan sekolahnya,” terang Thomas.

Di Kabupaten Tambrauw, pembangunan infrastruktur adalah prioritas yang sangat penting, terutama pembangunan jalan. Jika pembangunan jalan merata, maka pendidikan pun dapat terakses dengan baik di pelosok-pelosok wilayah, biaya mobilisasi pun lebih murah.

“Baru-baru ini, kami membangun dua SD, yakni SD Inpres 70 Nekore dan SD swasta di Kwesefo. mobilisasinya menggunakan helikopter, karena termasuk daerah yang sangat terpencil. Untuk pembangunan satu sekolah dengan 3 ruang kelas saja telah menghabiskan dana sebanyak 4 miliar lebih. Rencananya, Januari nanti sekolah akan bisa dipakai,” kata Thomas.

Meski Kabupaten Tambrauw adalah kabupaten pemekaran yang tak semaju wilayah-wilayah lainnya, namun Thomas sangat optimis Kabupaten Tambrauw akan dapat segera menyusul ketertinggalannya. Terlebih menurutnya banyak aset dan potensi yang ada di Tambrauw, yang akan dapat menangkat daerah. “Selain tambang, kami juga memiliki potensi wisata dengan spesies langka, yakni penyu belimbing, penyu yang setinggi manusia. Penyu ini hanya ada di 3 wilayah di dunia, yakni di Afrika, california, dan Tambrauw. Penyu ini makan di California dan bertelur di Tambrau. Nantinya,Tambrauw pasti akan semakin ramai karena kami memiliki aset yang cukup bagus,” katanya. ***



Ditulis tahun 2016
Diterbitkan di Majalah SD (Kemendikbud)

No comments:

Post a Comment